KEWIRAUSAHAAN DAN WIRASWATA
BUSINESS PLAN
“SATE TELUR PUYUH”
NAMA : Muhammad HusniThamrin
NIM : B0D.012.049
Prodi : D3, Kons.KesehatanHewan
FAKULTAS PETERNAKAN
UNIVERSITAS MATARAM
2013
LATAR BELAKANG
Protein merupakankandungan yang
sangatdiperlukanolehtubuhuntukmemperbaharuisel-sel yang
rusak.Lebihataukurangnyakonsumsi protein akansangatberpengaruhbagikesehatan.
Banyakpenyakit yang menyerangdisebabkankurangnyakonsumsizatini,
salahsatunyaadalahbusunglapar.Konsumsi protein yang rendah di sebagianwilayah
di Indonesia
menyebabkanpenyakitbusunglaparberkembangdenganbaik.Wajarmemangmengingathargauntukprodukmakanan
yang mengandungkadar protein tinggirelatifmahaluntuksebagianmasyarakat
Indonesia. Dagingsapimisalnya yang harga per kg-nyamencapaiRp
50.000,00.Hargasemahalinitentunyasangatsulitterjangkauolehmasyarakatkalanganekonomimenengahkebawah.
Burungpuyuh (Coturnixcoturnix japonica)
adalahunggaspenghasiltelurberkadar protein tinggi, bahkan yang
tertinggijikadibandingkandengantelurunggas lain.
Memangtelurpuyuhdanprodukolahannyasudahsangatdikenalolehmasyarakat Indonesia,
namunhalinitidakdisertaidenganminatmasyarakat yang
tinggiterhadaptelurpuyuhkarenaukurantelurpuyuhjauhlebihkecildibandingkandengantelurunggas
lain sehinggadirasakurangmenarik di matamasyarakat.
Sate Telurpuyuhadalahtelurpuyuhdenganpengolahan yang
baru. Telurpuyuhinidibuatdenganmemunculkananeka rasa yang bervariatif,
mulaidari rasa bawang, cabai, kalduayam,
dankaldusapi.Pengolahanbaruinimerupakansalahsatusolusidaninovasi rasa terbarukedalamtelurpuyuh.Pilihan
rasa inilebihdikarenakantelurpuyuh yang seringdigunakansebagailauk, sehingga
rasa yang gurihsemacaminibisamelengkapikebutuhanmakananempatsehat lima
sempurna, walaupuntidakmenutupkemungkinanjugatelurpuyuh “Cap BetisKuda” dijadikansebagaimakananringanataucamilansehat.
Dalammetodepengolahanproduk, “Cap BetisKuda” inimenawarkansolusi yang
baruyaitudenganmenggunakan media pasirdalam proses
pemasakansebagaipenggantidari oven.
Diharapkanmetodeinidapatmenghematbiayaproduksikarenapasirdapatdigunakandalamwaktu
yang sangat
lama.Prospekusahainiadalahmenciptakanusahapengolahantelurpuyuhuntukdijadikanlaukataucamilansehat
yang mengandung protein hewanitinggibagikonsumsimasyarakatdanmahasiswa
IPB.Produkinidinamakan “Cap BetisKuda” yang merupakannamaunikdaritelurpuyuhaneka
rasa. Usaha inidiharapkanmampumenumbuhkanjiwawirausahabagimahasiswa.Selainitu,
usahainidiharapkanmampumemenuhikebutuhangizimasyarakat.
DeskripsiBisnis/
Konsep Usaha
AspekEkonomi
Menyediakanlapanganpekerjaanbarubagimasyarakat,
karenabisnistelurpuyuhaneka rasa inimemerlukantenagakerja yang
cukupbanyakbaikdalam proses agroindustrimaupundistribusinya. Selainitu,
denganmenerapkanpolakemitraandapatmenguntungkankeduabelahpihak,
baikpihakpeternakmaupunpengolah, karenahargatelurpuyuhinistabilpadasetiapperiodesehinggaadanyakepastianhargaantarapihak
yang terkaittersebut.
AspekAkademis
Program
KreativitasMahasiswa-Kewirausahaan (PKM-K) merupakan program yang
bermanfaatkhususnyabagimahasiswa Indonesia, karenamelalui program
inidapatmeningkatkankreativitasdalamberwirausahasertaberpotensiuntukmelanjutkanusahatersebutkhususnyadalambidangusaha
yang tidakakanpernah “mati” yaitubisnispangan.
AspekGizi
Merupakancamilanataulaukinstan yang mengandung protein hewaniterbaik.Selain kaya akan protein, telurpuyuhinijugamengandungkolin yang dapatmembantukerjasinyalsarafotak, sehinggadapatmemperkuatdayaingatanak-anakdanmenghindarikepikunanpadausialanjut.
Merupakancamilanataulaukinstan yang mengandung protein hewaniterbaik.Selain kaya akan protein, telurpuyuhinijugamengandungkolin yang dapatmembantukerjasinyalsarafotak, sehinggadapatmemperkuatdayaingatanak-anakdanmenghindarikepikunanpadausialanjut.
AspekKebutuhan
Bisnispanganmerupakansalahsatubisnis yang
memilikipotensibesar.Kebutuhanakanpangan pun
tidakpernahputusselamamanusiamasihhidup. KonsumsitelurolehMahasiswa IPB
danmasyarakatlingkungansekitarkampussangattinggi.Selainharganya yang
relatifterjangkau, telurjugamerupakansumber protein hewani.Untukmempermudahkonsumsitelursebagaicamilanataupunlauk,
kami menginovasikantelurpuyuhaneka rasa
dengankemasanpraktisdanhigenissertaharga yang terjangkauolehsemuakalangan.
DeskripsiPasar
q Pasar Keseluruhan
Makanan ini Saya tujukan untuk semua golongan baik tua maupun
muda yang berdadadi daerah khususnyadiseluruh
NTB, maupunluardaerah.
q Segmen Pasar Dan Kebutuhan Pasar
Makanan ini Saya tujukan untuk semua golongan baik tua
maupun muda yang berada di daerah khususnya NTB
dandimanapunada orang yang berminat.
q Faktor Kompetitif
Dilihat dari segi
peluang usaha ini berpotensi baik untuk kedepannya, karena dilihat dari cita
rasa yang berbeda, dansegibentuksehingga peluang mendapat pelanggan yang banyak sangat besar.
q Rencana Penjualan
Sate telurpuyuh ini, Saya akan memasang iklan di internet dansepanduk di tempat usaha.
q Penetapan Harga
Untuk harga jual
“sate telurpuyuh” ada tiga tipe yaitu untuk sate telurpedassatuporsi Rp.4.000 dan untuk sate telurmanispedasRp. 4.500, sedangkan satetelur super Rp. 5.500 , harga tersebut ditetapkan sesudah adanya pertimbangan dari semua biaya yang
dikeluarkan baik bahan baku maupun upah tenaga kerja.
Deskripsiproduk
ü Jenis Produk
Jenis produk yang akan Saya
jual yaitu berupa makanan yang terbuat dari telurpuyuhdanberbagaicampuranbumbu.
ü Peralatan Yang Dibutuhkan
Dalam pembuatan “Sate
Telur” ini banyak membutuhkan peralatan yang
akan memperlancar produksi , diantarannya ;
Alat
|
Bahan - bahan
|
Bumbu
|
|
|
|
- Rebus bumbuhalus, daunsalam, serai, dan air kelapasampaimendidih.
- Tambahkankecapmanisdangulamerah. Aduk rata. Masukkantelurpuyuh. Masaksampaimeresap.
- Tusuk di tusukan sate. Sajikandengandisiramsisakuahnya.
ü Lokasi Usaha
RencanaUsaha penjualan “sate
telur” ini akanberlokasi di jl. A. Yani
no,6 di desaTnk. Beak,Kec,Narmada.
ü Kebutuhan Tenaga Kerja
Usaha penjualan “sate telur” ini merupakan usaha yang dikelola oleh sendiri ataupunmembutuhkankaryawan yang banyak,
jikadalamperusahaan yang besar.
Susunapengurus /
Kepemilikan
Nama usaha
Usaha ini Saya beri nama “Sate
telurpuyuh” harapan dapat dengan
mudah dikenal dan diingat,.
Bentuk Badan
Usaha
Usaha ini merupakan usaha yang dikelola bersama beberapa orang dankaryawan
, ataupunberkelompok.
Bagan
Organisasi
Asisten
|
Manager
|
BagianPesanan
|
BagianPengolahan
|
BagianPemasaran
|
Objectives dan Goal
GambaranKeuanganMODAL AWAL
Alat |
Harga |
Bahan |
Harga |
Bumbu |
Harga |
BBM |
Rp.7000 |
telurpuyuh |
Rp. 5.000 |
bawangmerah |
Rp. 3.000 |
Tusuk |
Rp.3000 |
daunsalam |
Rp. 1.000 |
bawangputih |
Rp. 2.500 |
gulamerahsisir |
Rp. 2.500 |
Ketumbar |
Rp. 1.000 |
||
kecapmanis |
Rp. 3.000 |
Lengkuas |
Rp. 1.500 |
||
air kelapa |
Rp. 500 |
garam |
Rp. 1.000 |
||
Batangserai, |
Rp. 5.000 |
||||
Jml |
Rp.10.000 |
Rp. 17.000 |
Rp.6000 |
||
Total modal Awal = Rp.10.000 + Rp. 17.000 +
Rp.6000 = Rp. 33.000 |
GajiPegawai/hr
|
Modal/hr
|
Total Pengeluaran/hr
|
Rp. 100.000
|
Rp. 33.000
|
Rp.133.000
|
Pedas : Rp.4000 x 20 = Rp. 80.000
ManisPedas : Rp. 4.500 x 20
= Rp. 90.000
Super :
Rp.5.500 x 20 = Rp. 110.000
Total = Rp. 280.000
Jadi,Omset Rata-
Rata/hari= Rp.280.000
KeuntunganOmsetHarian – Pengeluaranharian = Rp.280.000 – Rp.133.000 = Rp.157.000
Jadi, keuntunganperhariadalahRp.157.000
Keuntunganperbulan : Rp.157.000 x 30 = Rp.4.710.000
LAMPIRAN
TelurPuyuh
|
TelurSaat Di Inkubator
|
|
|
Telur Yang Sudah di
Rebus
|
Sate TelurPedas
|
|
|
Sate
TelurPedasmanis
|
Sate Telur Super
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar