Selasa, 14 Oktober 2014

Laporan Busines Plan



LAPORAN
KEWIRAUSAHAAN DAN WIRASWATA
BUSINESS PLAN
“SATE TELUR PUYUH”
NAMA           : Muhammad HusniThamrin
NIM                : B0D.012.049
Prodi               : D3, Kons.KesehatanHewan

FAKULTAS PETERNAKAN
UNIVERSITAS MATARAM
2013








LATAR BELAKANG
Protein merupakankandungan yang sangatdiperlukanolehtubuhuntukmemperbaharuisel-sel yang rusak.Lebihataukurangnyakonsumsi protein akansangatberpengaruhbagikesehatan. Banyakpenyakit yang menyerangdisebabkankurangnyakonsumsizatini, salahsatunyaadalahbusunglapar.Konsumsi protein yang rendah di sebagianwilayah di Indonesia menyebabkanpenyakitbusunglaparberkembangdenganbaik.Wajarmemangmengingathargauntukprodukmakanan yang mengandungkadar protein tinggirelatifmahaluntuksebagianmasyarakat Indonesia. Dagingsapimisalnya yang harga per kg-nyamencapaiRp 50.000,00.Hargasemahalinitentunyasangatsulitterjangkauolehmasyarakatkalanganekonomimenengahkebawah.
Burungpuyuh (Coturnixcoturnix japonica) adalahunggaspenghasiltelurberkadar protein tinggi, bahkan yang tertinggijikadibandingkandengantelurunggas lain. Memangtelurpuyuhdanprodukolahannyasudahsangatdikenalolehmasyarakat Indonesia, namunhalinitidakdisertaidenganminatmasyarakat yang tinggiterhadaptelurpuyuhkarenaukurantelurpuyuhjauhlebihkecildibandingkandengantelurunggas lain sehinggadirasakurangmenarik di matamasyarakat.
Sate Telurpuyuhadalahtelurpuyuhdenganpengolahan yang baru. Telurpuyuhinidibuatdenganmemunculkananeka rasa yang bervariatif, mulaidari rasa bawang, cabai, kalduayam, dankaldusapi.Pengolahanbaruinimerupakansalahsatusolusidaninovasi rasa terbarukedalamtelurpuyuh.Pilihan rasa inilebihdikarenakantelurpuyuh yang seringdigunakansebagailauk, sehingga rasa yang gurihsemacaminibisamelengkapikebutuhanmakananempatsehat lima sempurna, walaupuntidakmenutupkemungkinanjugatelurpuyuh “Cap BetisKuda” dijadikansebagaimakananringanataucamilansehat. Dalammetodepengolahanproduk, “Cap BetisKuda” inimenawarkansolusi yang baruyaitudenganmenggunakan media pasirdalam proses pemasakansebagaipenggantidari oven. Diharapkanmetodeinidapatmenghematbiayaproduksikarenapasirdapatdigunakandalamwaktu yang sangat lama.Prospekusahainiadalahmenciptakanusahapengolahantelurpuyuhuntukdijadikanlaukataucamilansehat yang mengandung protein hewanitinggibagikonsumsimasyarakatdanmahasiswa IPB.Produkinidinamakan “Cap BetisKuda” yang merupakannamaunikdaritelurpuyuhaneka rasa. Usaha inidiharapkanmampumenumbuhkanjiwawirausahabagimahasiswa.Selainitu, usahainidiharapkanmampumemenuhikebutuhangizimasyarakat.




DeskripsiBisnis/ Konsep Usaha
AspekEkonomi
           Menyediakanlapanganpekerjaanbarubagimasyarakat, karenabisnistelurpuyuhaneka rasa inimemerlukantenagakerja yang cukupbanyakbaikdalam proses agroindustrimaupundistribusinya. Selainitu, denganmenerapkanpolakemitraandapatmenguntungkankeduabelahpihak, baikpihakpeternakmaupunpengolah, karenahargatelurpuyuhinistabilpadasetiapperiodesehinggaadanyakepastianhargaantarapihak yang terkaittersebut.
 
AspekAkademis
           Program KreativitasMahasiswa-Kewirausahaan (PKM-K) merupakan program yang bermanfaatkhususnyabagimahasiswa Indonesia, karenamelalui program inidapatmeningkatkankreativitasdalamberwirausahasertaberpotensiuntukmelanjutkanusahatersebutkhususnyadalambidangusaha yang tidakakanpernah “mati” yaitubisnispangan.
 
AspekGizi
Merupakancamilanataulaukinstan yang mengandung protein hewaniterbaik.Selain kaya akan protein, telurpuyuhinijugamengandungkolin yang dapatmembantukerjasinyalsarafotak, sehinggadapatmemperkuatdayaingatanak-anakdanmenghindarikepikunanpadausialanjut.


AspekKebutuhan
           Bisnispanganmerupakansalahsatubisnis yang memilikipotensibesar.Kebutuhanakanpangan pun tidakpernahputusselamamanusiamasihhidup. KonsumsitelurolehMahasiswa IPB danmasyarakatlingkungansekitarkampussangattinggi.Selainharganya yang relatifterjangkau, telurjugamerupakansumber protein hewani.Untukmempermudahkonsumsitelursebagaicamilanataupunlauk, kami menginovasikantelurpuyuhaneka rasa dengankemasanpraktisdanhigenissertaharga yang terjangkauolehsemuakalangan.





DeskripsiPasar
q  Pasar Keseluruhan
Makanan ini Saya tujukan untuk semua golongan baik tua maupun muda yang berdadadi daerah khususnyadiseluruh NTB, maupunluardaerah.
q  Segmen Pasar Dan Kebutuhan Pasar
Makanan ini Saya tujukan untuk semua golongan baik tua maupun muda yang berada di daerah khususnya NTB dandimanapunada orang yang berminat.
q  Faktor Kompetitif
Dilihat dari segi peluang usaha ini berpotensi baik untuk kedepannya, karena dilihat dari cita rasa yang berbeda, dansegibentuksehingga peluang mendapat pelanggan yang banyak sangat besar.
q  Rencana Penjualan
 Sate telurpuyuh ini, Saya akan memasang iklan di internet  dansepanduk di tempat usaha. 
q  Penetapan Harga
Untuk harga jual “sate telurpuyuh” ada tiga tipe yaitu untuk sate  telurpedassatuporsi Rp.4.000 dan untuk sate telurmanispedasRp. 4.500, sedangkan  satetelur super  Rp. 5.500 , harga tersebut ditetapkan sesudah adanya pertimbangan dari semua biaya yang dikeluarkan baik bahan baku maupun upah tenaga kerja.











Deskripsiproduk
ü  Jenis Produk
                 Jenis produk yang akan Saya jual yaitu berupa makanan yang terbuat dari telurpuyuhdanberbagaicampuranbumbu.
ü  Peralatan Yang Dibutuhkan
Dalam pembuatan Sate Telur ini banyak membutuhkan peralatan yang akan memperlancar produksi , diantarannya ;
Alat
Bahan - bahan
Bumbu
  • Alatmasak
  • Tusuk sate (daribambu)
  • telurpuyuh, rebus
  • daunsalam
  • batangserai, (ambilputihnya, memarkan )
  • air kelapa
  • kecapmanis
  • gulamerahsisir
  • bawangmerah
  • bawangputih
  • Ketumba
  • Lengkua
  • garam

Cara Pengolahan :
  1. Rebus bumbuhalus, daunsalam, serai, dan air kelapasampaimendidih.
  2. Tambahkankecapmanisdangulamerah. Aduk rata. Masukkantelurpuyuh. Masaksampaimeresap.
  3. Tusuk di tusukan sate. Sajikandengandisiramsisakuahnya.

ü    Lokasi Usaha
           RencanaUsaha penjualan sate telur ini akanberlokasi di jl. A. Yani no,6 di desaTnk.            Beak,Kec,Narmada.
ü  Kebutuhan Tenaga Kerja
            Usaha penjualan sate telur ini merupakan usaha  yang dikelola oleh sendiri ataupunmembutuhkankaryawan yang banyak, jikadalamperusahaan yang besar.
Susunapengurus / Kepemilikan
Nama usaha
            Usaha ini Saya beri nama “Sate telurpuyuh” harapan dapat dengan mudah dikenal dan diingat,.
Bentuk Badan Usaha
            Usaha ini merupakan usaha yang dikelola bersama beberapa orang dankaryawan , ataupunberkelompok.
Bagan Organisasi


Asisten
Manager
BagianPesanan
BagianPengolahan
BagianPemasaran
 































Objectives dan Goal
GambaranKeuangan
MODAL AWAL
Alat
Harga
Bahan
Harga
Bumbu
Harga
BBM
Rp.7000
telurpuyuh
Rp. 5.000
bawangmerah
Rp.  3.000
Tusuk
Rp.3000
daunsalam
Rp.  1.000
bawangputih
Rp.  2.500


gulamerahsisir
Rp.  2.500
Ketumbar
Rp.  1.000


kecapmanis
Rp.  3.000
Lengkuas
Rp.  1.500


air kelapa
Rp.     500
garam
Rp.  1.000


Batangserai,
Rp.  5.000


Jml
Rp.10.000

Rp. 17.000

Rp.6000
Total modal Awal = Rp.10.000 + Rp. 17.000 + Rp.6000 = Rp. 33.000

GajiPegawai/hr
Modal/hr
Total Pengeluaran/hr
Rp. 100.000
Rp. 33.000
Rp.133.000


Pedas              : Rp.4000 x 20 = Rp.   80.000
ManisPedas    : Rp. 4.500 x 20 = Rp.  90.000
Super              :  Rp.5.500 x 20 = Rp. 110.000
Total                                                   = Rp. 280.000
Jadi,Omset Rata- Rata/hari= Rp.280.000
Keuntungan
OmsetHarian – Pengeluaranharian = Rp.280.000 – Rp.133.000 = Rp.157.000
Jadi, keuntunganperhariadalahRp.157.000
Keuntunganperbulan : Rp.157.000 x 30 = Rp.4.710.000
LAMPIRAN

TelurPuyuh
TelurSaat Di Inkubator
Telur Yang Sudah di Rebus
Sate TelurPedas
Sate TelurPedasmanis
Sate Telur Super

Tidak ada komentar:

Posting Komentar