Selasa, 14 Oktober 2014

LAPORAN PRAKTIKUM FISIOLOGI TERNAK



LAPORAN PRAKTIKUM
FISIOLOGI TERNAK
MENGUKUR DENYUT NADI, FREKUENSI PERNAFASAN SUHU TUBUH TENAK SAPI




DISUSUN OLEH :
                                                                M.Husni Thamrin
                                                                  B0D.012.049


                                                                              Fakultas Peternakan
                                                                  Universitas Mataram

PEMBAHASAN :Pet
FisiologisTernak
Fisiologisternakmeliputisuhutubuh, respirasidandenyutjantung.Suhutubuhhewanhomeotermimerupakanhasilkeseimbangandaripanas yang diterimadandikeluarkanolehtubuh.Dalamkeadaan normal suhutubuhternaksejenisdapatbervariasikarenaadanyaperbedaanumur, jeniskelamin, iklim, panjanghari, suhulingkungan, aktivitas, pakan, aktivitaspencernaandanjumlah air yang diminum.Suhu normal adalahpanastubuhdalam zone thermoneutralpadaaktivitastubuhterendah.Variasi normal suhutubuhakanberkurangbilamekanismethermoregulasitelahbekerjasempurnadanhewantelahdewasa. Salah satucarauntukmemperolehgambaransuhutubuhadalahdenganmelihatsuhu rectal denganpertimbanganbahwa rectal merupakantempatpengukuranterbaikdandapatmewakilisuhutubuhsecarakeseluruhansehinggadapatdisebutsebagaisuhutubuh. Respirasiadalah proses pertukaran gas sebagaisuaturangkaiankegiatanfisikdankimisdalamtubuhorganismedalamlingkungansekitarnya. Oksigendiambildariudarasebagaibahan yang dibutuhkanjaringantubuhdalam proses metabolisme. Frekuensirespirasibervariasitergantungantaralaindaribesarbadan, umur, aktivitastubuh, kelelahandanpenuhtidaknya rumen. Kecepatanrespirasimeningkatsebandingdenganmeningkatnyasuhulingkungan.Meningkatnyafrekuensirespirasimenunjukkanmeningkatnyamekanismetubuhuntukmempertahankankeseimbanganfisiologikdalamtubuhhewan.Kelembabanudara yang tinggidisertaisuhuudara yang tinggimenyebabkanmeningkatnyafrekuensirespirasi.Frekuensidenyutnadidapatdideteksimelaluidenyutjantung yang dirambatakanpadadindingrongga dada ataupadapembuluhnadinya.Frekuensidenyutnadibervariasitergantungdarijenishewan, umur, kesehatandansuhulingkungan.Disebutkan pula bahwahewanmudamempunyaidenyutnadi yang lebihfrekuendaripadahewantua.Padasuhulingkungantinggi, denyutnadimeningkat.Peningkataniniberhubungandenganpeningkatanrespirasi yang menyebabkanmeningkatnyaaktivitasotot-ototrespirasi, sehinggadibutuhkandarahlebihbanyakuntukmensuplai O2 dan nutrient melaluipeningkatanalirandarahdenganjalanpeningkatandenyutnadi.Bilaterjadicekamanpanasakibattemperaturlingkungan yang tinggimakafrekuensipulsusternakakanmeningkat, haliniberhubungandenganpeningkatanfrekuensirespirasi yang menyebabkanmeningkatnyaaktivitasotot-ototrespirasi, sehinggamemepercepatpemompaandarahkepermukaantubuhdanselanjutnyaakanterjadipelepasanpanastubuh. FrekuensiPulsussapidalamkeadaan normal adalah 54-84 kali per menitatau 40-60 kali per menitdansapimuda 80-90 kali per menit.
Stresadalahresponfisiologi, biokimiadantingkahlakuternakterhadapvariasifaktorfisik, kimiadanbiologislingkungan.Dengan kata lain, stresterjadiapabilaterjadiperubahanlingkungan yang ekstrim, sepertipeningkatantemperaturlingkunganatauketikatoleransiternakterhadaplingkunganmenjadirendah. Strespanasterjadiapabilatemperaturlingkunganberubahmenjadilebihtinggi di atas ZTN (upper critical temperature).Padakondisiini, toleransiternakterhadaplingkunganmenjadirendahataumenurun, sehinggaternakmengalamicekaman.Strespanasiniakanberpengaruhterhadappertumbuhan, reproduksidanlaktasisapiperahtermasuk di dalamnyapengaruhterhadap hormonal, produksisusudankomposisisusu. Ternak yang mengalamistrespanasakibatmeningkatnyatemperaturlingkungan, fungsikelenjartiroidnyaakanterganggu. Hal iniakanmempengaruhiseleramakandanpenampilanStrespanaskronikjugamenyebabkanpenurunankonsentrasi growth hormone danglukokortikoid. Pengurangankonsentrasihormonini, berhubungandenganpenguranganlajumetabolikselamastrespanas.Selainitu, selamastrespanaskonsentrasiprolaktinmeningkatdandidugameningkatkanmetabolisme air danelektrolit. Hal iniakanmempengaruhihormonaldosteron yang berhubungandenganmetabolismeelektrolittersebut. Padaternak yang menderitastrespanas, kalium yang disekresikanmelaluikeringattinggimenyebabkanpengurangankonsentrasialdosteron.

STRATEGI PENGURANGAN STRES PANAS :
- Strespanasharusditanganidenganserius, agar tidakmemberikanpengaruhnegatif yang lebihbesar. Beberapastrategi yang digunakanuntukmengurangistrespanasdantelahmemberikanhasilpositifadalah :
- Perbaikansumberpakan/ransum, dalamhalinikeseimbanganenergi, protein, mineral danvitamin
- Perbaikangenetikuntukmendapatkan breed yang tahanpanas
- Perbaikankonstruksikandang, pemberiannaunganpohondanmengkontinyukansuplai air
- Penggunaannaungan, penyemprotan air danpenggunaankipasanginsertakombinasinya
Alatdanbahan :
alat :
-          Termometerklinik
-          Termometerruangan
-          Stetoskop
-          Stop watch
Bahan :
-          kambing



Kesimpulan :
            Lingkunganberpengaruhbesarterhadapsifatgenetikternak. Penerapanternak di daerah yang iklimnyasesuaiakanmenunjangdihasilkannyaproduksisecara optimal. Suhudankelembabanlingkungan yang tinggidapatmenyebabkan stress terhadapternaksehinggafisiologisternaktersebutmeningkatdankonsumsipakanmenurun, sehinggaproduktivitasnyamenurun. Suhutubuhdengansuhurektaldansuhukulitsalingberpengaruhkarenasuhutubuh di dapatdarikeduasuhutersebut.Frekuensipernapasanberpengaruhkepadalingkungan, apabilasuhudankelembabannaikmakafrekuensirespirasidandenyutjantungakanmeningkat.Dayatahanterhadappanasdapatdihitungdenganmelihatjumlahkeringat yang diekskresikanolehhewanatauternak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar